Info dan Tips

Aplikasi Paling Boros yang Menyedot Kuota Internetmu!

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Paket data Internet menjadi hal yang sangat penting!

Paket data internet menjadi hal yang sangat penting saat ini, tanpa paket internet yang terisi di nomor handphone mu, kamu akan merasa buta. Kenapa begitu? Ya, karena semua akses informasi saat ini berfokus pada informasi online yang secara digital. Hal itu hanya dapat diakses jika smartphone mu telah diisi oleh paket data internet, kecuali kamu menggunakan sinyal wifi.

Aplikasi chatting, social media, portal berita online bahkan portal video online memerlukan akses yang terhubung ke internet untuk dapat digunakan. Apalagi saat ini, ketika kondisi sedang sangat sibuk dan kamu tidak punya waktu banyak untuk berbelanja atau mengirimkan barang, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi jasa ekspedisi atau transportasi yang dipesan secara online.

Melihat hal tersebut, sudah sepantasnya kita harus pintar dalam mengatur keperluan kita dalam penggunaan kuota internet. Tanpa kamu sadari penggunaan aplikasi yang harus terhubung ke internet akan menyedot kuota internet dengan jumlah besar. Mau tahu apa saja aplikasi yang dapat menyedot kuota internet mu dalam jumlah besar? Berikut adalah list aplikasi paling boros yang menyedot kuota internetmu!

Facebook Apps

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Facebook sebagai portal jejaring pastinya sudah kamu kenal kan? Aplikasi jejaring social dengan logo F yang identik dengan warna biru – putih ini mempunyai banyak fitur yang bisa menyedot kuota internetmu.

Jika kamu buka facebook di smartphone Android, kamu akan melihat bahwa homepage facebook mu akan refresh otomatis untuk menarik postingan yang ada di timeline. Saat proses loading tersebut sudah menandakan bahwa kuota internetmu sedang bekerja untuk memunculkan tampilan timeline facebook.

Fitur autoplay video juga dapat menjadi penyebab kuota internetmu tersedot. Tentu kalian sudah paham bukan kalau untuk memutar video membutuhkan banyak kuota internet. Jadi perhatikan fitur ini di facebook mobile app mu ya Sob!

Twitter

Ciutan – ciutan di twitter tidak akan membuat kuotamu langsung kebol, tetapi kamu perlu berhati – hati dan lakukan pengecekkan di pengaturan autoplay. Video memang sering dan kerap muncul di timeline Twittermu, tergantung dengan akun yang kamu follow juga.

Kamu harus mulai waspada jika akun – akun yang kamu follow sering membagikan file – file video lewat timeline.

 

 

 

 

 

Instagram

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Instagram yang dikenal dengan karakternya sebagai portal untuk membagikan foto menjadikan aplikasi jejaring social ini sangat popular. Instagram mempunya kekuatan yang tidak dimiliki oleh portal jejaring social lain yaitu posting foto dan video yang bisa diikuti dengan caption yang lebih dari 200 karakter.

Instagram sering digunakan untuk online shop dalam membangun brand serat menjual produk – produk mereka.

Istilah Instagramable juga muncul di para pengguna Instagram untuk menjelaskan gambar – gambar yang mempunyai gaya unik minimalis yang mencerminkan gaya foto masa kini.

Adanya autoplay video dan menampilkan gambar di Instagram mampu menyedot kuota internet mu dalam jumlah besar.

Google Maps

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Suka jalan – jalan atau kamu bukan tipe orang yang mudah menghafal jalan? Google Maps jawabannya. Tetapi hati – hati Sob, mengaktifkan fitur GPS dan membuka maps akan menyedot banyak kuota internetmu.

Tipsnya adalah, setelah kamu selesai menggunakan aplikasi Google Maps pastikan kamu mematikan GPS mu dan menutup aplikasi Google Maps untuk mencegah kuota internet mu tersedot.

 

 

 

 

YouTube

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Siapa sih yang tidak kenal YouTube, portal untuk nonton video dan juga membagikan video. Media social yang menjadi primadona di hati para YouTubers ini juga menjadi lokasi bagi para Vlogger untuk membagikan aspirasi dan karya diri mereka.

Jika kamu buka YouTube di smartphone pastikan kamu punya kuota internet yang besar atau menggunakan wifi ya Sob. Karena membuka 1 video selama 3 – 5 menit saja bisa menghabiskan kuota internet mu sampai 250 MB, walaupun tergantung provider dan paket apa yang kamu gunakan.

Tips jika kamu punya video favorit yang ingin ditonton berulang kali sebaiknya kamu download videonya dengan portal online ataupun kamu download dengan fitur yang ada di YouTube, sehingga kamu bisa menonton secara offline.

Aplikasi Musik Online

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Pernah pake JOOX atau Spotify? Yap, aplikasi musik online yang memungkinkan kamu untuk mendengarkan lagu tanpa menyimpan filenya di internal atau external memory ini sangat digandrungi oleh anak muda masa kini.

Untuk kalian yang baru tahu, setiap aplikasi – aplikasi tersebut memutar lagu maka disitulah kuota internet mu terpakai.

Tips, jika kamu ingin menyimpan lagu – lagu favoritmu, kamu bisa memutar lagu sampai habis dengan menggunakan wifi. Lalu lagu – lagu yang yang telah kamu dengarkan bisa kamu simpan di playlist dan bisa kamu dengarkan lagi secara offline atau tanpa kuota internet.

Netflix

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Bagi para pecinta film, Netflix sudah pasti menjadi salah satu portal untuk menonton film. Tapi kalian perlu ingat Sob, nonton film di Netflix akan membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit, kamu akan membutuhkan internet dengan kuota lebih dari 500 MB hanya untuk sekali menonton film.

Kebayangkan kamu bakal boros banget. Nah solusinya kamu bisa nonton Netflix dengan menggunakan sinyal internet yang terhubung ke wifi. Kalau pakai kuota paket data internet gak mimin saranin deh.

Google Playstore

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Kamu pakai Android? Pasti di smartphone mu terpasang aplikasi Google Plyastore kan? Perhatikan aplikasi tersebut, jangan sampai kamu belum mengubah setting untuk update aplikasi yang otomatis. Kamu akan disajikan beberapa pilihan diantaranya update secara otomatis jika ada sinyal internet ataupun wifi. Dengan mengubah ke mode manual dimana proses update hanya akan terjadi jika kamu yang menentukannya maka ini akan menyelamatkan kamu dari kuota yang berpotensi menguras internetmu.

 

 

Aplikasi Game Online Android

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Kamu suka main game online di Smartphone? Suka main Mobile Legends atau AOV? Nah pintar – pintar untuk mengatur kapan kamu harus bermain dan kapan kamu harus off ya Sob.

Game online ini memerlukan kuota internet yang besar untuk dapat mengakses isi game dan memungkinkan kamu memainkan permainan – permaina tersebut.

Aplikasi Chatting/Messenger

aplikasi-paling-boros-yang-menyedot-kuota-internetmu

Tidak menutup kemungkinan aplikasi seperti WhatsApp, ataupun LINE mampu menguras kuota internetmu. Dengan semakin banyaknya fitur WhatsApp timeline status kemungkinan kuota mu akan tersedot banyak. Apalagi jika di status tersebut kamu melihat postingan video.

LINE juga mempunyai fitur yang sangat kompleks, dengan hadirnya timeline yang memungkinkan kamu untuk share status, foto dan video, kamu juga bisa melakukan belanja online lewat LINE e-commerce. Nah, apalagi kalo kamu menggunakan fitur video call, sudah pasti kuota internet mu akan terkuras banyak, kan?!

Gimana Sob? Sudah dapat sedikit pencerahan kan untuk menyelamatkan kuota internet mu? Sekarang kamu bisa sebarkan artikel ini supaya rekan – rekan mu pada tahu. Cukup klik logo social media yang ada di samping layar laptop/komputermu, dan kamu sudah bisa berbagi kebaikan ke orang lain!

Comments