Smartphone menjadi alat komunikasi yang fungsinya sebagai kebutuhan primer. Untuk mendukung kebutuhan komunikasi dengan rekan, kerabat dan saudara serta menjadi alat penunjang untuk mendapatkan akses informasi, smartphone didukung dengan berbagai fitur pendukung masa kini.

Berbagai aplikasi penunjang seperti portal browser menjadi fitur penting untuk mendukung kebutuhan masyarakat modern masa kini. Hampir setiap aktvitas yang kita lakukan menggunakan handphone.

Pesan ojek online? Pesan makan? Bayar tagihan telepon? Transfer uang? Beli pulsa? Yah zaman sekarang banyak transaksi online sehingga perlu smartphone sebagai perangkat pendukung. Betul bukan?

Maka dari itu menjaga handphone supaya tetap berfungsi baik, awet dan tahan lama sangat penting. Ya, walaupun banyak smartphone keluaran baru yang bikin “ngiler” untuk ganti tapi selama kamu bisa menjaga smartphone kamu, buat apa ganti? Nah, makanya supaya smartphone kamu tetap terlihat prima dan keren walaupun usianya sudah lama kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut nih.

Yuk sama – sama cek apa aja yang perlu dilakukan untuk menjaga smartphone supaya tetap awet dan tahan lama.

Perhatikan waktu me-recharge smartphone

Cara-Merawat-Smartphone-Awet dan-Tahan-Lama-payfazz

Ya, walaupun sudah banyak smartphone yang sudah mempunyai fitur chip charging protection dimana fitur ini akan memutus daya listrik saat handphone telah terisi penuh, tetapi tidak ada salahnya kan mencabut chager smartphone kamu dengan portal stop kontak. Anggap saja ini sebagai upaya untuk meminimalisir timbulnya kerusakan yang diakibatkan aliran listrik ke charger.

Walaupun listrik berhenti mengisi daya di smartphone Anda, tetapi selama kabel listrik masih tertancap di stop kontak maka aliran listrik terjadi. Kamu gak mau kan kalau charger kamu panas lantas terbakar karena charger gak dicabut? Yang ada malah terjadi kebakaran. Serem kan? Sebelum hal – hal yang tidak diinginkan terjadi, kita lakukan antisipasi saja yuk untuk jaga keselamatan diri dan orang sekitar!

Bersihkan Smartphone dari debu – debu

Cara-Merawat-Smartphone-Awet dan-Tahan-Lama-payfazz

Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap hari kita beraktivitas menggunakan smartphone, banyak debu – debu yang hinggap dan masuk ke sela – sela smartphone. Apalagi saat kamu buka case belakang, duh pasti debu tipis banyak nempel.

Usahakan selalu bersihkan sela – sela smartphone menggunakan kapas supaya bagian – bagian yang sulit terjangkau dapat bersih. Mengelap dengan kapas halus juga menjaga supaya smartphone kamu tidak mempunyai cacat goresan.

Cukup bersihkan menggunakan kapas tipis saja yah, tidak perlu ditambahkan air ataupun lotion karena hal ini dapat beresiko merusak perangkat smartphone.

Gunakan Case pelindung

Cara-Merawat-Smartphone-Awet dan-Tahan-Lama-payfazz

Dewasa ini sudah banyak dijual case – case menarik yang dijual di toko smartphone ataupun onlineshop. Kamu tinggal pilih, mau yang bergambar menarik atau yang polos tanpa gambar supaya lebih elegan.

Penggunaan case pelindung ini berfungsi untuk melindungi smartphone kamu dari benturan ringan sampai benturan keras. Selain itu ini juga dapat menjada badan smartphone kamu dari goresan tipis yang akan bikin smartphone kamu gak kelihatan keren lagi Sob! Jadi ga ada salahnya untuk menggunakan case pelindung karena banyak manfaatnya untuk menjada smartphone kamu tetap prima!

Pasang screen guard atau pelindung layar smartphone

Cara-Merawat-Smartphone-Awet dan-Tahan-Lama-payfazz

 

Apalah arti smartphone tanpa layarnya. Nah peryataan itu bener banget kan ya Sob! Penggunaan pelindung layar ini berupa lapisan bening yang menutupi layar smartphone supaya tidak tergores. Dipasaran banyak terjual pelindung layar dengan berbagai macam harga yang secara langsung mempengaruhi kualitasnya juga Sob! Ada yang berupa lapisan bening, ada juga yang berwarna hitam agak gelap supaya cahaya layar dapat diredam.

Letakkan smartphone pada suhu ruangan

Cara-Merawat-Smartphone-Awet dan-Tahan-Lama-payfazz

Smartphone ini merupakan insturmen elektronik yang juga mudah panas dari dalam karena penggunaan yang berlebihan, jadi usahakan suhu sekitarmu dapat meredam suhu panas dari dalam perangkat handphone Sob. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi perangkat dalam smartphone kamu supaya tidak cepat rusak jika diletakkan di suhu yang panas atau dingin.

Gunakan sebagaimana mestinya

Cara-Merawat-Smartphone-Awet dan-Tahan-Lama-payfazz

Gunakan smartphone kamu sebagaimana mestinya. Smartphone itu benda elektronik yang mudah rusak jika perawatannya tidak tepat, jadi kamu perlu pintar dalam menjaga stamina smartphone kamu. Bersihkan file – file yang tidak penting, usahakan jangan terlalu sering menggunakan wifi di tempat umum karena bisa saja ada virus yang terbawa lewat koneksi internet tersebut.

Bagaimana, Sobat Payfazz? Info dan Tips di atas bermanfaat bukan? Selalu jaga smartphone kamu supaya tetap prima dan awet ya!