Info dan Tips

10 Profesi Kerja Untuk Kamu yang Tidak Suka Kerja Kantoran

Jika berbicara tentang pekerjaan pasti akan dikaitkan dengan lokasi kamu melakukan aktivitas dan rutinitas kerjamu, ada profesi yang membutuhkan ruang kantor berkubik, ruangan sederhana dan nyaman, atau bahkan pekerjaan yang tidak memerlukan ruangan dan bangunan fisik karena dapat dilakukan dimana saja.

Bagi sebagian besar orang, profesi ini ibarat passion yang digeluti, atau bahkan sebagian orang berpendapat pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. 

Hal ini menjadi sebuah mindset yang tentunya akan menentukan lama atau tidaknya kita berkarir. Jika pekerjaan yang kita lakukan sesuai dengan hobi atau passion kita maka kemungkinan untuk sukses dan bertahan lama akan besar.

Begitu juga sebaliknya jika tidak ada bonding antara jiwa dan pekerjaan maka sudah dipastikan tak akan ada kenyamanan di balik itu semua.

Seiring dengan maraknya budaya remote atau bekerja di tempat yang berpindah – pindah, sudah banyak generasi millennial masa kini yang mengaplikasikan sistem kerja remote atau nomaden tersebut. Kamu dapat bekerja di luar kota sambil traveling, menyenangkan bukan?

Nah, buat kamu yang sedang ingin mencari jenis pekerjaan di luar kantor atau outdoor mungkin kamu bisa cek beberapa jenis pekerjaan berikut ini, yuk simak penjelasannya berikut

Penulis

Penulis atau book author menjadi salah satu pilihan bagi yang hobi menulis untuk menjadi salah satu profesi yang digeluti. Jika kamu mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi penulis, ini dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan.

Bermodal perangkat untuk menulis karanganmu dan juga kreativitas serta konsistensi yang tinggi maka kamu tidak ada salahnya kamu menjadi penulis profesional seperti Dewi ‘Dee’ Lestari ataupun Andrea Hirata.

Menjadi penulis sudah pasti kamu dituntut untuk mampu memberikan karya menarik yang unik dan kreatif sehingga para pembaca mampu menerima karyamu dengan baik.

Sebelum mencoba menjadi penulis profesional kamu bisa berlatih dengan menjadi content writer atau bekerja secara freelance menjadi penulis konten.

Blogger

Kesamaan antara blogger dan penulis mungkin terletak pada aktivitas yang dilakukan yaitu menulis dan menurunkan kreativitas melalui tulisan, tetapi ada perbedaan yang mendasar antara penulis dan blogger.

Blogger memanfaatkan portal akun blog gratis seperti wordpress dan blogspot.com untuk menuangkan karya mereka.

Sejauh ini banyak tipe – tipe blogger yang dapat kamu jadikan panutan seperti Travel Blogger, Food Blogger, Review Cosmetic Blogger dan lain – lain.

Nah memang sudah sewajarnya menjadi blogger ini harus mempunyai daya inisiatif, kreativitas dan kesenangan untuk membaca, karena untuk mempertajam tulisan dan membuat tulisan menjadi semakin menarik perlu didukung aktivitas membaca sebagai penambah referensi pengetahuan.

Fotografer

Kamu suka berkeliling dan mengabadikan momen menarik atau pemandangan alam sekitar menggunakan kamera? Apalagi jika ini adalah hobi kamu, pas banget apabila menjadi Fotografer adalah pilihan untuk pekerjaanmu.

Kamu hanya perlu bermodal ilmu pengetahuan mengenai fotografer dari buku – buku di toko buku atau Google. Selain kamera yang harus menjadi instrumen penting, kamu juga harus mempunyai kemapuan untuk editing gambar serta kemampuan untuk mengambil gambar dengan angle yang bagus sehingga foto yang dihasilkan juga akan bagus,

Influencer

Influencer atau biasa dikenal dengan endorser mungkin sudah menjadi salah satu profesi yang telah dikenal banyak orang seiring dengan popularitas penggunaan portal media sosial yang semakin berjamur.

Jumlah pengguna media sosial yang mencapai jutaan dan kecendrungan masyarakat di era millennial untuk mengakses sosial media lebih sering sehingga banyak produk yang menggunakan portal digital marketing dan salah satunya menggunakan jasa influencer.

Jika akun sosial media kamu seperti Instagram atau Twitter punya follower yang mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan follower, maka ini menjadi modal yang sangat baik untuk menggaet klien dengan menjadikan mu partner bisnis sebagai influencer.

Walau bagaimanapun juga hal yang perlu kamu perhatikan adalah konten yang kamu posting unik dan mampu menarik perhatian user.

Videografer

Berbeda dengan fotografer, jika fotografer bekerja dengan menggunakan kamera untuk mengabadikan momen menjadi foto – foto yang berkesan, maka videografer mengabadikan momen dalam format video.

Banyak acara – acara reuni akbar, wedding event atau acara launching produk suatu persuahaan biasanya butuh jasa videografer untuk mengabadikan momen atau event mereka sebagai dokumentasi.

Nah jika kamu berencana atau sedang merintis karir sebagai videografer, bekali dirimu dengan kemampuan untuk edit video dan kemampuan shoot angle yang bagus untuk mendukung hasil akhir video.

Designer Grafis

Punya bakat dalam design grafis? Jangan sia – siakan bakatmu ini! Karena tidak semua orang punya bakat untuk men-design dan kreativitas yang sama. Kalau kamu punya bakat design coba deh unggah design kamu ke sosial media supaya khalayak ramai bisa tahu karya mu.

Mempunyai profesi designer grafis tida akan menjadikan mu susah mencari pekerjaan, karena saat ini banyak perusahaan besar ataupun startup telah menyadari bahwa design menarik mampu menjadi salah satu elemen pendukung marketing melalui portal digital.

Guru Les Privat

Suka mengajar dan berbagi? Nah mungkin jadi guru les privat bisa jadi pilihan bagi kamu yang tidak suka datang dan kerja di kantor. Bekerja di lokasi yang berpindah – pindah pasti menyenangkan ya, apalagi jika guru les privat biasanya hanya mengajar murid dengan jumlah sedikit.

Dengan mengajar secara privat kamu bisa bebas berdiskusi soal jadwal mengajar sehingga hanya kamu yang menentukan kapan kamu akan bekerja, ya walapun kamu juga perlu diskusi dengan pihak orang tua murid, tetapi cukup menarik bukan?

Biasanya nih, kalau kamu mengajar privat di rumah murid, nanti akan disediakan kudapan atau bahkan makan besar, waaah kenyang tuh!

Reporter

Suka cari – cari berita dan memburu narasumber? Nah jadi reporter bisa jadi pilihan kamu nih. Jalan – jalan ke luar, gak perlu dikantor dan berinteraksi dengan orang banyak di segala bidang sehingga juga menambah koneksi kamu di luar sana. Menarik banget kan?

Tertarik menantang dirimu menjadi reporter? Mulailah kumpulkan informasi mengenai lowongan kerja reporter atau kamu bisa hubungi dan cari tahu teman kamu mengenai reporter.

Jurnalis

Bedanya jurnalis sama reporter apa ya? Nah, kalau reporter biasanya melaporkan berita melalui lisan, atau direct report melalui stasiun TV, sementara jurnalis kamu dituntut untuk mampu mengumpulkan berita dan menuangkannya ke dalam tulisan.

Bagi kamu yang suka menulis, suka tantangan dan kretaif dalam menulis suatu artikel berita, boleh dicoba nih untuk daftar jadi jurnalis. Tetapi yang perlu menjadi catatan adalah, paling tidak kamu harus punya latar belakang menjadi jurnalis yang banyak yah untuk dapat diterima di suatu perusahaan media.

Jualan Online

Nah, kalau ini bisa dilakukan sama siapa saja. Bahkan kamu bisa memanfaatkan kehadiran sosial media untuk membantu kamu menjajakan produk atau jasa yang kamu miliki. Zaman sekarang jualan online bukan menjadi sesuatu yang taboo lagi.

Selain menggunakan portal sosial media, kamu juga bisa berjualan melalui portal ecommerce yang sudah ada dan menggunakan aplikasinya. Kamu bisa berjualan apa saja, ingin jualan produk pakaian? Bisa. Produk makanan ringan sampai produk bahan makanan? Bisa banget.

Jualan pulsa, paket data atau bahkan token listrik bisa banget!! Payfazz Indonesia bisa jadi salah satu terobosan untuk berjualan pulsa, paket data, bahkan token listrik, bayar tagihan.

Selain aplikasinya yang cepat dan designnya yang menarik, aplikasinya ringan banget dan gak berat di handphone jika di instal.

Yuk buruan cek aplikasi #Payfazz dan jangan lupa instal ya di sini 

Comments