Info dan Tips

Tipe – tipe Teknologi Finansial di Indonesia

Dunia finansial atau disebut dengan Financial Technology (Fintech) bukan hal baru yang menjadi bahan perbincangan, dari tahun ke tahun pekembangan dunia finansial atau keungan semakin menarik.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang makin canggih menyebabkan banyaknya terobosan – terobosan baru untuk menyelesaikan permasalahan finansial dan juga menyokong kebutuhan masyarakat secara umum.

Dewasa ini transaksi online menjadi sebuah fenomena yang sangat populer. Adanya keterkaitan dengan teknologi menjadikan sektor finansial menjadi lebih berkembang.

Dahulu sektor finansial hanya dikenal sebatas untuk akses transfer uang dan menabung, tetapi seiring dengan perubahan zaman, masyarakat mulai memahami bahwa teknologi keunagan mampu mendukung kebutuhan pembayaran belanja secara online, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa, token, paket data dan lain – lain.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat seperti hal – hal di atas memicu adanya portal – portal teknologi keuangan yang muncul dan mendukung aktivitas masyarakat.

Adalah financial technology (fintech) merupakan bentuk bisnis baru yang melibatkan kekuatan teknologi dan perangkat digital untuk menciptakan kemudahan dalam bertransaksi keuangan.

Kita mengenal bahwa perusahaan – perusahaan fintech fokus dan membuat produk yang terbagi atas beberapa kategori diantaranya uang elektronik, pinjaman kredit online, pegadaian, pembayaran, donasi dan lain – lain.

Mengedepankan user centric atau berfokus pada variabel kebutuhan konsumen, bisnis fintech memprioritaskan kepuasan dari para pengguna dan konsumen setia.

Hal ini sudah benar dan memang dibutuhkan sebagai bentuk mengakomodasi apa yang menjadi masalah utama lalu diberikan solusi sebagai kebutuhan utama para konsumen.

Bisnis fintech menjadi sangat berkembang karena dipengaruhi oleh adanya faktor lain selain adanya kebutuhan secara personal dan perkembangan teknologi.

Munculnya para e-commerce raksasa yang secara bertahap menggiring masyarakat untuk berbelanja dan melakukan transaksi secara online. Faktor ini adalah faktor yang paling mempengaruhi semakin gemilangnya industri fintech.

Bank akan sangat terbantu dengan kehadiran para fintech ini dikarenakan dapat membantu mengurangi biaya produksi dan meningkatkan efisiensi infrastruktur sektor perbankan.

Walaupun dirasa bisnis fintech dapat menjadi pesaing eksistensi Bank tetapi pernyataan ini tidak benar, karena pada dasarnya ada perbedaan fokus dan tujuan dari dua belah pihak tersebut.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengutamakan kerjasama dan tetap bersinergi untuk menyokong digitalisasi dunia keuangan.

Fenomena Perkembangan Fintech

Perkembangan teknologi keuangan menjadi indikasi pesatnya perkembangan teknologi keuangan khususnya di Indonesia. Seiring dengan banyaknya transaksi yang dapat dilakukan secara online, maka terbentuklah beberapa macam fintech yang mempunyai fungsi yang membantu aktivitas sehari – hari. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai tipe – tipe teknologi finansial di Indonesia.

Jasa Pinjaman

Mungkin Anda sudah familiar dengan beberapa portal teknologi keuangan yang menawarkan pinjaman lunak ataupun kredit seperti Pinjam.co, Kredivo dan Akulaku.

Hal ini menjadi suatu terobosan baru bagi masyarakat Indonesia yang mendambakan portal pinjaman yang mudah diakses melalui portal online dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri.

Investasi

Jika berbicara mengenai investasi sudah pasti portal keuangan ini membrikan akses bagi kita untuk berksempatan untuk melakukan investasi.

Bentuk investasi lain yang ada dapat berupa barang atau berupa hewan ternak. Hadirnya Modalku, ataupun Vestifarm menjadi suatu pemenuh dahaga masyarakat Indonesia akan portal investasi yang berteknologi masa kini.

Perencanaan Keuangan

Bagi Anda yang memerlukan alat untuk menjadi penasihat pribadi dalam mengatur keuangan, maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak startup atau situs yang menawarkan fungsi ini.

Jojonomic adalah satu dari sekian banyak portal perencanaan keuangan yang dapat digunakan.

Situs Pembanding Produk Keuangan

Portal seperti CekAja dan DuitPintar merupakan portal keuangan yang mempunyai fungsi dalam membandingkan produk keuangan.

Bagi Anda yang ingin mengajukan kartu kredit tapi enggan mencari tahu satu persatu keunggulan produk keuangan yang Anda inginkan, maka keputusan yang harus Anda pilih adalah mengunjungi situs seperti DuitPintar.

Portal tersebut akan menjadi pengawal Anda untuk memutuskan produk keuangan paling cocok bagi Anda.

Crowdfunding/Donation

Kamu pernah mendengar Kitabisa.com? Nah, portal fintech ini memberikan wadah bagi siapapun yang ingin melakukan penggalangan dana.

Dengan memadukan unsur teknologi, fintech dan sosial, porta donasi seperti ini memungkinkan untuk membantu dalam kegiatan galang dana dalam jumlah besar.

Portal Pembayaran

Startup atau portal keuangan yang memberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran atau transaksi online seperti Payfazz mengutamakan pemenuhan kebutuhan akan akses yang mudah dan sistem yang cepat.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi melalui handphone sehingga mampu menghemat waktu karena dapat melakukan transaksi pembayaran apapun melalui satu portal.

Payfazz yang hadir dengan fitur pembayaran pulsa, paket, data dan PPOB serta portal pembayaran online lain, menwarkan aplikasi dan proses pendaftaran akun baru yang mudah, tanpa proses registrasi yang rumit. Hal tersebut menjadi salah satu dari banyaknya keunggulan Payfazz.

Begitu pesatnya perkembangan teknologi keuangan yang dibarengi dengan kebutuhan masyarakat modern masa kini sehingga inovasi – inovasi tersebut muncul dan menjadi bagian dari kebutuhan sehari – hari.

Hal tersebut memicu beragam tipe – tipe teknologi finansial di Indonesia dan juga di luar Indonesia. Untuk mengetahui informasi lebih lagi mengenai teknologi keuangan, silahkan terus pantau blog Payfazz ya.

Comments